Jumat, 06 Desember 2013

Tips Saat Pikiran Penuh Beban Agar Jadi Ringan

Ada banyak hal yang bisa dilakukan seseorang yang sedang dibebani pikiran demi meringankannya. Ini diperlukan agar kita tak mudah mengalami depresi yang sifatnya destruktif.
Psikolog Klinis Psikolog Klinis dari Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Heri Widodo, M.Psi, menjelaskan, sepanjang hidupnya manusia akan selalu `dibebani oleh pikiran`. Di satu sisi, sebenarnya ini berdampak positif juga. Namun, jika berlebihan akan membuat depresi.

"Dengan adanya “beban pikiran”, manusia akan didorong terus untuk menggerakkan berbagai fungsi dirinya (kognitif, emosi, dsb). Hal ini yang membuat kehidupannya menjadi dinamis," kata Heri.

1. Mengelola masalah
Cara ini kita lakukan jika masalah yang kita hadapi adalah masalah yang dapat ditangani. Misalnya saja saat kita stress karena mobil kita rusak, maka kita bisa memanggil orang untuk memperbaikinya atau saat hubungan kita rusak dengan orang lain, kita dapat datang dan memperbaiki hubungan tersebut.

2. Mengelola perasaan/emosi
Beberapa masalah adalah masalah yang tidak dapat diselesaikan. Misalnya saja ditinggal pergi untuk selamanya oleh orang yang kita cintai. Tentu saja yang dapat dilakukan bukanlah mengubah masalahnya namun mengubah perspektif kita terhadap peristiwa itu dan dengan demikian akan memperbaiki emosi/perasaan kita.

3. Mencari dukungan sosial
Kehadiran orang lain merupakan faktor penting dalam budaya kita. Saat kita menghadapi masalah, kehadiran orang lain yang merupakan figur dekat / berpengaruh akan menjadi faktor penting dalam menghadapi masalah dan mengurangi beban pikiran kita

0 komentar:

Posting Komentar