Minggu, 24 Maret 2013

SILABUS

Sekolah : MTs. Ma’arif Assa’adah II
Kelas/Semester : VII/I
Mata Pelajaran : Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH)
Standar Kompetensi : 1. Memahami Lingkungan Hidup dan Peran Manusia sebagai Makhluk Sosial

Kompetensi Dasar Indikator Materi
Pembalajaran Kegiatan Pembalajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Istrumen
1.1 Memahami konsep lingkungan hidup - Menenentukan pengertian lingkungan hidup.
- Membedakan lingkungan hidup manusia berdasarkan keadaannya. Konseo lingkungan hidup. Diskusi informasi dan pengamatan lingkungan sekitar manusia. Tes Tulis Uraian 2 x 40 m Lingkungan sekitar (Lingkungan sosial dan Lingkungan Fisik
1.2 Menjelaskan pengertian manusia sebagai mahkluk social - Mengenal diri sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang berinteraksi dengan sesama manusia dan makhluk hidup lain dan lingkungan fisik.
- Mendiskripsikan cara berinteraksi dengan sesama manusia dan makhluk hidup lain dan lingkungan fisik secara benar dan arif. Manusia sebagai makhluk sosial Diskusi informasi manusia ciptaan Tuhan yang harus berinteraksi dengan sesama manusia dan makhluk hidup lain dan lingkungan fisik secara benar dan arif. Tes Tertulis Uraian 2 x 40 m
1.3 Menjelaskan peran manusia dalam lingkungan - Menjelaskan pengertian manusia sebagai makhluk sosial. Peran manusia dalam lingkungan hidup. Menjelaskan peranan manusia dalam lingkungan hidup. Tertulis Tertulis - Jelaskan yang dimaksud dengan manusia sebagai makhluk sosial 2 jp - Buku IPS
- Buku Biologi
- Buku yang relevan
- Menjelaskan pengertian lingkungan hidup.
- Menjelaskan tujuan PLH.
- Menjelaskan kegiatan manusia sebagai makhluk sosial yang berperan dalam lingkungan hidup. - Jelaskan pengertian lingkungan hidup.
- Jelaskan tujuan PLH.
- Jelaskan kegiatan manusia sebagai makhluk sosial yang berperan dalam lingkungan hidup.
1.4 Menjelaskan hubungan timbal balik antara mahkluk hidup dan lingkungan. - Menjelaskan pengertian makhluk hidup.
- Menjelaskan pengertian lingkungan.
- Menjelaskan hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungan. Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungan. Menjelaskan pengertian timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungan. Tertulis Tertulis - Apa yang dimaksud dengan makhluk hidup.
- Jelaskan pengertian lingkungan.
- Jelaskan hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungan. 2 jp
Mengetahui, Bungah, Juli 2008
Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran




Drs. Abd. Karim Fuad Moh. Ismail, Ir, MM

SILABUS


Sekolah : MTs. Ma’arif Assa’adah II
Kelas/Semester : VII/I
Mata Pelajaran : Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH)
Standar Kompetensi : 1. Memahami hubungan saling ketergantungan dalam ekosistem

Kompetensi Dasar Indikator Materi
Pembalajaran Kegiatan Pembalajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Istrumen
2.1 Menjelaskan pengertian konsep ekosistem - Mendiskripsikan konsep ekosistem.


- Menentukan komponen dalam ekosistem. Ekosistem - Melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekolah
- Mendefinisikan pengertian dan menentukan komponen-komponen ekosistem Tes unjuk kerja Uji petik kerja prosedur - Amati lingkungan di sekitar kelas dan kelompokkan dalam komponen ekosistem
- Jelaskan pengertian ekosistem 2 x 40’ - Buku ajar Biologi
- Ekologi dan pembangunan
- CD
2.2 Mengidentifikasi jenis-jenis ekosistem - Mengidentifikasi jenis-jenis ekosistem. - Melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekolah.
- Menggali informasi dari berbagai sumber/CD tentang satuan ekosistem yang spesifik (darat, laut, sawah, danau). Observasi/tugas kelompok Tes subyektif/
kelompok - Bagaimana ciri ekosistem laut ?

- Berikan satu contoh hubungan antara komponen biotik dan abiotik dalam ekosistem. 2 x 40’
2.3 Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian lingkungan. - Menentukan 3 kriteria makhluk hidup yang tergolong langka.
- Memberi contoh makhluk hidup yang tergolong langka di suatu lokasi atau daerah.
- Menjelaskan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka.
- Membuat tulisan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan dan hewan langka yang dilindungi. Keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian lingkungan - Mencari informasi melalui studi pustaka untuk mengetahui makhluk hidup yang tergolong langka serta merumuskan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka.
- Mengumpulkan tulisan-tulisan yang terkait dengan jenis dan bentuk serta manfaat tumbuhan dan hewan langka. Tes Tulis Uraian - Sebutkan 3 kriteria untuk menyatakan makhluk hidup yang tergolong langka.
- Sebutkan 2 contoh hewan langka di pulau Kalimantan.
- Jelaskan alasan pentingnya membudidayakan
tumbuhandan hewan langka.
- Mengumpulkan tulisan-tulisan yang terkait dengan jenis dan bentuk serta manfaat tumbuhan dan hewan langka. 4 x 40’ Buku Ilmu Alam dan Sekitarnya kelas VII karangan Purwanto, TV, VCD, internet.
2.4 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan. - Menghitung angka pertumbuhan penduduk jika angka kelahiran dan angka kematian diketahui.
- Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan air, udara bersih, pangan dan lahan. Pengaruh Kepadatan Populasi Manusia - Mencari informasi melalui studi pustaka untuk mengetahui arti kepadatan populasi manusia serta pengaruhnya terhadap kebutuhan air, udara, bersih, pangan dan lahan. Tes Tulis Uraian - Jelaskan hubungan populasi penduduk yang meningkat dengan ketersediaan air, udara bersih, pangan dan lahan. 4 x 40’




- Menjelaskan pengaruh meningkatnya populasi penduduk terhadap kerusakan lingkungan.
- Mengkaji hubungan kepadatan populasi manusia dengan kerusakan lingkungan. - Jelaskan pengaruh meningkatnya populasi penduduk dengan kerusakan lingkungan.


Mengetahui, Bungah, Juli 2008
Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran




Drs. Abd. Karim Fuad Moh. Ismail, Ir, MM




SILABUS


Sekolah : MTs. Ma’arif Assa’adah II
Kelas/Semester : VII/1
Mata Pelajaran : Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH)
Standar Kompetensi : 3. Memahami Lingkungan sehat dan dapat Menerapkan dalam Kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar Indikator Materi
Pembalajaran Kegiatan Pembalajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Istrumen
3.1 Membiasakan tindakan ramah lingkungan

- Mendeskripsikan arti ramah lingkungan
- Menjelaskan contoh tentang perbuatan yang dapat merusak lingkungan.
- Melakukan tindakan ramah lingkungan di sekolah dan di rumah. Tindakan ramah lingkungan - Studi pustaka untuk merumuskan konsep ramah lingkungan.
- Melihat gambar/tayangan tentang aktifitas manusia yang dapat menimbulkan kerusakan lingkungan.
- Menerapkan tingkah laku ramah lingkungan di sekitar rumah dan sekolah. Tes Tulis Uraian - Tuliskan isi berita yang kamu dengarkan tentang ramah lingkungan.
- Tuliskan 3 contoh perbuatan manusia yang merusak lingkungan.
- Tuliskan 3 contoh perbuatan siswa yang ramah lingkungan di sekolah. 2 x 40’ Koran, majalah, TV
3.2 Menerapkan budaya bersih dan sehat. - Membandingkan suasana lingkungan sekolah atau rumah yang kotor dan bersih.
- Melakukan tindakan nyata membersihkan lingkungan yang kotor di sekolah dan rumah. Budaya bersih dan sehat - Menerapkan membuang sampah yang benar.
- Melihat gambar atau lingkungan yang bersih dan sehat Tes Tulis Uraian - Tuliskan contoh budaya bersih dan sehat.
- Coba jelaskan budaya bersih dan kotor pada lingkungan sekitarnya 2 x 40’
3.3 Mendesain pola tata ruang yang sehat - Menjelaskan syarat-syarat rumah dan sekolah yang sehar.
- Merancang tata ruang sekolah dan rumah yang sehat. Proyek desain tata ruang yang sehat. - Studi pustaka untuk merumuskan konsep rumah dan sekolah yang sehat.
- Melihat tayangan atau gambar rumah dan sekolah yang sehat. Tes Tulis Uraian - Sebutkan syarat-syarat rumah yang sehat dan sekolah yang sehat.
- Buatlah tata ruang rumah sehat berukuran
10 m x 15 m 2 x 40’


Mengetahui, Bungah, Juli 2008
Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran



SILABUS


Sekolah : MTs. Ma’arif Assa’adah II
Kelas/Semester : VII/2
Mata Pelajaran : Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH)
Standar Kompetensi : 4. Memahami Pengertian Sampah dan Dampaknya dalam Kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar Indikator Materi
Pembalajaran Kegiatan Pembalajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Istrumen
4.1 Menjelaskan pengertian sampah dan jenis-jenisnya.

- Mengidentifikasi sampah untuk menentukan pengertian sampah.
- Membedakan (memildah-milah sampah) menurut jenisnya. Sampah dan jenisnya Pengamatan dan diskusi informasi tentang sampah dan jenisnya. Tes Tertulis Uraian 2 x 40’ Sampah di lingkungan sekitar
4.2 Memprediksikan dampak sampah yang tidak ditangani terhadap kesehatan dan lingkungan. - Menjelaskan pengertian sampah





- Menjelaskan pengertian kesehatan Dampak sampah terhadap kesehatan dan lingkungan. - Menjelaskan dampak sampah terhadap kesehatan dan lingkungan. Tertulis Tertulis - Jelaskan pengertian sampah





- Jelaskan pengertian kesehatan 2 jp - Buku IPS
- Buku Biologi
- Buku-buku yang relevan
- Menjelaskan pengertian lingkungan - Jelaskan pengertian lingkungan. 2 jp



- Menjelaskan dampak sampah terhadap kesehatan.
- Menjelaskan dampak sampah terhadap lingkungan. - Sebutkan dampak sampah terhadap kesehatan.
- Sebutkan dampak sampah terhadap lingkungan



Mengetahui, Bungah, Juli 2008
Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran





SILABUS


Sekolah : MTs. Ma’arif Assa’adah II
Kelas/Semester : VII/2
Mata Pelajaran : Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH)
Standar Kompetensi : 5. Mengelolah Sampah Menjadi Barang yang Bermanfaat

Kompetensi Dasar Indikator Materi
Pembalajaran Kegiatan Pembalajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Istrumen
5.1 Melakukan proses pemilahan sampah.
- Membuat perbandingan ciri khusus tiap jenis sampah Sampah dan permasalahannya - Membandingkan ciri khusus tiap jenis sampah Observasi Uji petik unjuk kerja - Jelaskan ciri khusus sampah organic 1 x 40’ - Ilmu kesehatan dan lingkungan.
- Membedakan jenis sampah organic dan sampah an organic
- Membedakan jenis sampah basah dan sampah kering
- Membedakan jenis sampah yang dapat di daur ulang dan sampah yang tidak dapat di daur ulang. - Mengelompokkan jenis sampah organic, an organic, basah, kering, dapat di daur ulang dan tidak dapat di daur ulang. Unjuk kerja - Kelompokkan sampah berdasar ciri khusus yang dimilikinya. 2 x 40’ - Ekologi dan pembangunan
- Mendiskripsikan pentingnya dilakukan klasifikasi sampah - Mendiskusikan pentingnya dilakukan klasifikasi sampah Diskusi Presentasi hasil diskusi - Apa pentingnya kita mengklasifikasi sampah ? 1 x 40’




5.2 Menjelaskan pemanfaatan melalui prinsip 4R - Menjelaskan pengertian konsep dari prinsip 4R (Replant, Reuse, Reduce dan Recycle) Proyek pemanfaatan sampah - Mengetahui informasi melalui studi pustaka tentang 4R (Replant, Reuse, Reduce dan Recycle) Tes Tulis Uraian - Jelaskan prinsip 4R (Replant, Reuse, Reduce dan Recycle) 2 x 40’ Buku ilmu Alam dan Sekitarnya kelas VII karangan Purwanto, TV, VCD, internet.
- Melakukan perbuatan sesuai dengan prinsip 4R (Replant, Reuse, Reduse dan Recycle). - Menerapkan prinsip 4R (Replant, Reuse, Reduce dan Recycle - Berikan contoh perbuatan yang mencerminkan prinsip 4R
5.3 Memproses sampah menjadi bahan-bahan yang memiliki nilai tambah - Membuat kerajinan dari berbagai barang bekas misalnya gelas aqua, kertas, sedotan dan lain-lain. Proyek mengolah sampah - Studi pustaka untuk mengetahui pemanfaatan barang-barang bekas.
- Membuat kerajinan dari barang bekas Nontes Produk - Buatlah karya dari bekas gelas aqua 4 x 40’ Buku ketrampilan TV, koran, majalah.
- Membuat pupuk kompos dari sampah organik. - Membuat pupuk kompos - Buatlah kompos dari sampah organik



Mengetahui, Bungah, Juli 2008
Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran






0 komentar:

Posting Komentar