Rabu, 20 Maret 2013

Proses Pengelolaan Limba Cair

Limbah cair terdiri dari terdiri dari campuran limbah domestik (limbah dari toilet rumah tangga, bak mandi dan mesin cuci), limbah industri, dan air tanah yang telah menyusup ke dalam selokan. Pada instalasi pengolahan limbah cair terdapat multi tahap proses pengolahan limbah cair tersebut, yang bertujuan untuk membersihkannya sebelum dibuang atau digunakan kembali.


Berikut Cara serta proses pengolahan limbah cair

Pengolahan dasar

Tahap pertama dari proses pengolahan limbah cair, yaitu dengan menggunakan pemindai untuk mengangkat materi anorganik padat yang lebih besar seperti kertas dan plastik. Proses ini diikuti dengan pegangkatan partikel seperti pasir dan lumpur atau endapan yang kasar.


Pengolahan Primer


Setelah melalui tahapan petama, limbah cair dialirkan melalui tangki sedimentasi primer di mana partikel bahan organik padat dikeluarkan dari suspensi oleh pengendapan gravitasi. Lumpur atau endapan yang masih tersisa akan digaru ke pusat tangki yang terkonsentrasi dan akan dipompa untuk pengolahan lebih lanjut.


Pengolahan sekunder

Tahap dalam proses pengolahan limbah cair berikutnya adalah biological process yang memecah larutan dan limbah organik padat dengan menggunakan mikro-organisme alami. Proses ini disebut activated sludge process.


Limbah cair tinggal memasuki tangki aerasi di mana udara ditiup ke dalam cairan untuk menyediakan oksigen untuk pencampuran dan untuk mendorong pertumbuhan mikro-organisme yang disebut "active biomass". "Active biomass" menggunakan oksigen dan membutuhkan polutan organik serta nutrisi dalam limbah cair untuk tumbuh dan bereproduksi.


Dari tangki aerasi, campuran limbah dan mikro-organisme masuk ke dalam tangki sedimentasi sekunder (juga dikenal sebagai clarifier) di mana biomass mengendap dengan bantuan gravitasi ke bagian bawah tangki dan dikonsentrasikan sebagai endapan.

Beberapa endapan ini didaur ulang ke inlet tangki aerasi untuk mempertahankan biomass, sehingga nama untuk proses tersebut - activated sludge. Sisanya dipompa ke digester anaerobik untuk perawatan lebih lanjut. Air limbah yang telah terklarifikasi dibuang dari clarifier sekunder untuk menjalani proses pengolahan berikutnya.

Pengolahan tersier

Semua perusahaan pengolahan limbah cair menggunakan desinfeksi pada tahap ini untuk mengurangi patogen, yang merupakan mikro-organisme yang dapat menimbulkan risiko bagi kesehatan manusia.

Caranya dapat dengan menggunakan kolam besar di mana sinar matahari dan mikro-organisme mengurangi patogen. Pengolahan tambahan mungkin diperlukan jika limbah cair tersebut akan digunakan kembali seperti irigasi tanaman pangan atau di mana kontak dekat manusia bisa terjadi.


Pengolahan endapan

Endapan yang dikumpulkan selama proses pengolahan limbah cair mengandung sejumlah besar bahan biodegradable sehingga bisa menerima pengolahan yang berbeda dengan mikro-organisme, yang disebut bakteri anaerob, yang tidak membutuhkan oksigen untuk pertumbuhan.


Proses ini terjadi dalam digester khusus yang sepenuhnya tertutup yang dipanaskan sampai 35 derajat Celcius, di mana mikroorganisme anaerobik berkembang tanpa oksigen apapun.


Gas yang dihasilkan selama proses anaerob tersebut mengandung sejumlah besar metana, yang dapat dijadikan bahan bakar gas yang digunakan untuk menghasilkan listrik.

Setelah mikro-organisme air telah melakukan pekerjaan mereka dipindahkan dari endapan melalui cara-cara mekanis seperti centrifugin, atau oleh penguapan surya alam. Cairan yang tersisa pada akhir proses ini biasanya dipompa kembali ke dalam tangki aerasi untuk penanganan lebih lanjut.

Read more:

0 komentar:

Posting Komentar